Jakarta Online - Tempat belajar membuat website dan bisnis online - 082313332959

Cara mengganti theme/ tema website wordpress

Langkah-langkah cara mengganti theme/tema/template website wordpress dari big brother di sebelah kiri menjadi tema blog wordpress baskerville di sebelah kanan.


Pendahuluan :
Apakah yang dimaksud dengan tema/template blog itu? tema/template blog adalah semacam kerangka untuk baju blog. Fungsi tema ini adalah untuk memperlihatkan tampilan blog. Dengan tema ini kita dapat bebas dan leluasa merubah tampilan blog atau mempercantik tampilan blog kita. Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk merubah atau mempercantik tampilan blog kita melalui fitur yang ada di tema blog, di antaranya kita dapat mengganti warna background/latar belakang blog kita, merubah ukuran lebar & ukuran sempitnya layout blog kita, memasang atau menon-aktif-kan gambar logo blog dibagian header blog kita, menambahkan atau menghapus gambar slideshow dibagian header blog kita, menampilkan atau menyembunyikan widget yang ada dibagian sebelah kiri atau dibagian sebelah kanan sidebar blog kita. 

Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk dapat mengganti tema/template blog wordpress kalian, jika kalian tertarik ingin bisa menggantinya, caranya adalah sbb :

Gbr 1. Dashboard blog wordpress
Langkah pertama silahkan kalian login dulu ke dashboard blog/website kalian! setelah kalian berhasil login ke dashboard blog kalian seperti gambar di atas, lihat gambar dibawah!

Gbr 2. Menu untuk mengganti template wordpress
Untuk mulai mengganti tema/template blog kalian, silahkan klik menu tampilan >> tema!

Gbr 3. Template big brother akan diganti dengan baskerville
Lihat di halaman tema blog-mu, tema awal blog-mu yang kamu pakai namanya adalah big brother panah A, dalam tutorial ini saya akan menunjukkan kepada-mu tentang cara mengganti tema blog wordpress-mu dari tema big brother panah A tersebut dengan tema wordpress lainnya yaitu dengan tema wordpress yang namanya adalah baskerville panah B.
Langkah cara menggantinya adalah arahkan crusor mouse kamu ke tempat lingkaran warna kuning nomor 3, setelah keluar tombol aktifkan, lalu klik tombol aktifkan pada tema baskerville tsb! terbuka kotak pop up dengan tulisan thanks for choosing baskerville by anders noren seperti ini :

Gbr 4. Tombol Close
Klik tombol close panah 5!

Sampai disini, proses perubahan tema/template blog wordpressmu sudah selesai, lihat hasil akhirnya dengan mengetikkan alamat url blog-mu di bar address browser-mu lalu klik tombol enter pada keyboard laptop kamu.

Seperti itulah langkah-langkah cara mengganti tema/template blog wordpress itu, mudahkan? selamat mencoba semoga kamu juga bisa.

0 komentar: