Jakarta Online - Tempat belajar membuat website dan bisnis online - 082313332959

Cara menambahkan & membuat postingan website wordpress yang ke-2

Setelah kita selesai membuat web versi gratis di wordpress, supaya website kita terlihat menarik, hidup dan banyak pembacanya kita harus sering meng-update web/blog kita dengan cara menambahkan posting artikel web. 
Apa jadinya jika web kita hanya berisi 1(satu) artikel saja? membosankan, itulah jawaban yang tepat buat blog yang hanya berisi sebuah artikel karena pemilik blognya tidak mau pernah menambahkan posting baru yang ke-2 ke dalam websitenya.
Bagaimana? apakah blogmu juga ingin menjadi seperti itu?
Kalau kamu tidak menginginkan hal itu terjadi pada blogmu, silahkan kamu rajin menulis artikel yang ke-2, ke-3 dan seterusnya untuk blogmu! boleh 1 artikel per hari, boleh 1 artikel per 2 hari, boleh 1 artikel per 3 hari, bebas yang mana yang akan kamu pilih.

Buat kamu yang masih mengalami kendala atau kesulitan karena kamu belum tahu cara menambahkan posting artikel blog ke-2 di wordpressmu, silahkan kamu simak penjelasan berikut ini!
Untuk mulai menambahkan posting artikel blogmu, pertama silahkan kamu login ke dashboard blog wordpressmu! jika kamu sudah berhasil login, seperti inilah tampilan halaman dashboard blog wordpressmu :

Gbr 1. Halaman dashboard blog wordpress.
Buat kamu yang belum tahu cara login ke halaman dashboard blog wordpressmu seperti gambar di atas, silahkan kamu baca tutorial cara login ke halaman dashboard blog wordpress di artikel saya yang lainnya dengan judul Cara menghapus hello word/halo dunia di wordpress.
Saya lanjutkan, saya asumsikan kamu sudah berhasil login ke halaman dashboard blogmu, maka cara menambahkan posting artikel blogmu itu langkahnya adalah sbb :
  1. Klik menu Pos!
  2. Klik menu Tambah Baru!
Gbr 2. Halaman tempat menulis artikel ke-2 blog wordpress
Keterangan :

Gbr 3. Panduan menulis artikel ke-2 blog wordpress

Untuk mulai menulis artikel :
  1. Ketik judul posting di kolom panah 1. Usahakan dalam menulis judul di awali dengan huruf capital/besar.
  2. Ketik artikel web di kolom panah 2. Usahakan menulis artikel di awali dengan huruf besar, usahakan menulis artikel minimal 600 kata dan usahakan minimal terdiri dari 3 paragraf.
  3. Klik tombol tambahkan media panah 3 jika kamu mau meng-upload foto ke artikel webmu. Upload foto usahakan gambarnya relevan dengan topik bahasan artikel webmu.
  4. Klik gambar rantai (insert link) jika kamu mau menyisipkan link ke dalam teks artikel webmu. Tujuan kita memasang link tsb adalah supaya teks tsb kalau di-klik, maka akan terbuka halaman facebookmu atau halaman artikel webmu yang lain.
  5. Klik menu panah 3 untuk mengeluarkan menu mengganti warna teks.
  6. Klik tombol tambah kategori baru untuk membuat kategori artikel webmu. Kategori ini dapat terdiri dari satu atau dua suku kata, misalkan artikel webmu judulnya adalah Cara menambah artikel web, maka kategorinya yang relevan dengan isi ulasan artikel webmu adalah 2 buah suku kata Tutorial blogger. Atau misalkan judul artikelnya adalah Cara sehat alami menjadi kebugaran badan, maka kategori yang relevan dengan judul artikel webmu tsb adalah Kesehatan.
  7. Ketik kata kunci artikelmu dikolom dibawahnya tulisan tag panah 7. Kata kunci adalah sama dengan key word, penulisan kata kunci yang tepat dan relevan dengan judul & ulasan isi artikel webmu, maka akan membuat judul atau artikel webmu mudah muncul dihalaman pertama google.
  8. Klik menu buat gambar utama panah 8 jika kamu ingin meng-upload foto ke artikel webmu dengan cara selain dengan meng-klik tombol menu tambahkan media pada panah nomor 3 di atas.
  9. Klik menu pratampil jika kamu ingin melihat preview hasil sementara pembuatan artikel webmu! kalau masih ada yang salah silahkan di edit dulu, tetapi kalau sudah tidak ada yang salah dengan semua isi artikel webmu, selanjutnya ...
  10. Silahkan klik tombol terbitkan!
Demikian kawan tutorial cara menambahkan posting artikel blog wordpress yang ke-2, selamat mencoba, semoga kamu bisa.